Berita Jateng

130 Anjing Gembala German Ikut Kontes Postur dan Kemampuan di Kabupaten Semarang

Ratusan jenis anjing Gembala Jerman atau Herder Trah German Shepherd dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kontes anjing tingkat nasional.

TRIBUNMURIA.COM/Hanes Walda
Anjing Gembala Jerman atau Herder Trah German Shepherd saat mengikuti kontes yang digelar oleh IGSC di Lapangan Von Der Alexander Desa Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, SALATIGA - Ratusan jenis anjing Gembala Jerman atau Herder Trah German Shepherd dari berbagai daerah di Indonesia ikuti kontes anjing tingkat nasional.

Kontes anjing ini digelar oleh Indonesia German Sherperd Club (IGSC) dan berlokasi di Lapangan Von Der Alexander Desa Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.

Ketua umum IGSC, Thie Hong Peng mengatakan bahwa dalam kontes ini hanya ada dua kategori, yakni anatomi fisik anjing dan karya guna anjing herder.

Baca juga: Kisah Coco, Anjing Labrador Milik Satpol PP Semarang Pencari Korban Gempa Cianjur

“Kalau anatomi jadi kita lihat seperti bentuk tubuh, serta karakter yang baik juga dalam anjing tersebut, karena supaya anjing tidak galak kepada manusia yang lain dengan harus memenuhi pola tubuh dan proposional yang baik,” kata Thie Hong Peng kepada Tribunmuria.com, Rabu (30/11/2022).

Ada 130 anjing dari berbagai kota di Indonesia dan yang mengikuti kontes ini terbagi dalam 24 kelas.

Kelas tersebut antara lain kelas anakkan betina a,b,c bulu normal, anakkan jantan a,b,c bulu normal, kelas remaja betina bulu normal, kelas remaja jantan bulu normal, dan lainnya.

Anjing Gembala Jerman saat kontes IGSC
Anjing Gembala Jerman atau Herder Trah German Shepherd saat mengikuti kontes yang digelar oleh IGSC di Lapangan Von Der Alexander Desa Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya kegiatan kontes ini wajib diadakan setiap satu tahun sekali.

“Jadi kita mengadakan di daerah masing-masing dan pada pameran nasional kita berkumpul bersama mengadu anjing-anjing berkualitas baik,” ujarnya.

Tujuan digelarnya kontes anjing gembala jerman untuk menguji anatomi fisik dan kemampuan anjing membantu manusia dalam hal kepatuhan.

Baca juga: Kasus Teddy Minahasa Tagedi Baru Polri, Mahfud MD: Jatuh Tertimpa Tangga, Bangun Dikejar Anjing

“Serta mencegah anjing untuk galak kepada manusia dan anjing lain dan merupakan ajang memamerkan anjing kualitas terbaik dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Peserta kontes anjing, Rudianto mengaku kontes ini sebagai ajang untuk mengukur kemampuan anjing dan postur serta fisik yang menarik agar anjing bagus untuk dilihat.

“Jika anjingnya menang saya sendiri menjadi puas saat memeliharanya, dan ikut kontes ini karena hobi dan kepuasan saja,” kata Rudianto. (han)

 

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved