Berita Blora

PAW Komisioner KPU Blora Dilantik, KPU RI Minta Segera Pelajari Regulasi dan Sesuaikan Ritme

KPU RI melantik komisioner PAW KPU Blora. KPU RI meminta komisioner PAW KPU BLora, Ahmad Sholikin untuk segera menyesuaikan ritme.

Penulis: Ahmad Mustakim | Editor: Yayan Isro Roziki
Dok KPU Blora
Prosesi pelantikan PAW Komisioner KPU Blora oleh KPU RI. 

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Skuad Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora sempat tak lengkap saat satu komisionernya, Ahmad Husain, terpilih menjadi komisioner Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah (Bawaslu Jateng).

Kini, poisisi yang ditinggalkan Ahmad Husain secara resmi telah diisi setelah Ahmad Sholikin dilantik secara daring oleh Ketua KPU RI Hasyim Asyari, Jumat (25/11/2022).

Ketua KPU Kabupaten Blora, Muhamad Hamdun, menjelaskan Ahmad Sholikin merupakan nama yang ditunjuk oleh KPU RI sebagai pengganti Achmad Husain. 

Hal itu karena Ahmad Sholikin merupakan peringkat keenam dalam proses seleksi anggota komisioner KPU Kabupaten Blora empat tahun lalu.

"Pengganti yang dipilih oleh KPU RI adalah Ahmad Sholikin."

"Senin lalu (22/11) yang bersangkutan sudah diwawancarai oleh tim dari KPU Jateng. Secara daring dan luring di kantor KPU Blora," ungkap Hamdun kepada tribunmuria.com, Jumat (25/11/2022). 

Pihaknya mengaku, pengisian anggota komisioner KPU sudah diharapkan sejak satu kursi komisioner kosong setelah oleh Ahmad Husain menjadi komisioner Bawaslu Jateng. 

Sebab, agenda-agenda untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 sudah mulai padat. 

Berkurangnya satu orang komisioner menurutnya cukup mempengaruhi beban pekerjaan masing-masing komisioner.

Sebab satu divisi yang mengampu banyak pekerjaan itu dilimpahkan ke divisi yang lain. 

"Sehingga kalau ini sudah terisi, maka pekerjaan itu segera terbagi."

"Sehingga menjaga stabilitas pekerjaan," terang Hamdun. 

Karena menggantikan komisioner sebelum berakhirnya masa jabatan, lanjut Hamdun, maka masa jabatan Sholikin tinggal kurang dari setahun lagi. 

"Kalau masa jabatannya, menyelesaikan masa jabatan Pak Husain."

"Kalau tidak ada perubahan, di tanggal 1 Oktober 2023 mendatang," jelas Hamdun. 

Sementara itu, Moh. Syaiful Amri, anggota KPU lainnya mengatakan pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI secara langsung. 

"Juga dilakukan pelantikan PAW anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dari beberapa provinsi lain secara daring, yang dilantik langsung PAW anggota KPU Jateng dan KPU Blora," jelas Amri. 

"Ketua KPU RI mengamanatkan agar anggota baru segera mempelajari regulasi dan menyesuaikan ritme kerja yang ada di satker kerja masing-masing di tengah tahapan  yang sudah berjalan," harap Amri. (kim) 

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved