Berita Jateng

Ini Suguhan Imlek 2023 di Sam Poo Kong Semarang, Ada Barongsai Tonggak San Guo, Diawali Fashion Show

Kelenteng Agung Sam Poo Kong Semarang mulai bersiap diri menyambut perayaan tahun baru Imlek 2023.

Penulis: Agus Salim | Editor: Muhammad Olies
Tribun Jateng/Agus Salim  
Lenggak-lenggok peserta mengikuti fashion show di Kelenteng Sam Poo Kong pada Sabtu (21/1/2023). 

TRIBUNMURIA.COM, SEMARANG- Kelenteng Agung Sam Poo Kong Semarang mulai bersiap diri menyambut perayaan tahun baru Imlek 2023.

Ada beberapa rangkaian kegiatan sebelum puncak perayaan Imlek pada Minggu (22/1/2023) pukul 09:00 WIB. 

Pada hari ini, Sabtu (21/1/2023), Kelenteng Sam Poo Kong menggelar fashion show dengan tema Queen & King Batik of Lunar Year 2023 yang diikuti puluhan peserta untuk memperebutkan Piala Wali Kota Semarang.

Peserta dari berbagai usia, mulai anak-anak, dewasa hingga umum berjalan melenggak-lengggok di atas panggung. 

Para peserta pun, tampil all out. 

Mimik canggung dan kaku, tak terlihat dari wajah dan penampilan mereka.

"Setiap tahun kami punya 2 agenda besar yaitu Imlek dan HUT Kedatangan Laksamana Cheng Ho/arak–arakan Festival Cheng Hoo, dan kami selalu berikan persembahan yang terbaik pada 2 agenda khusus tersebut," kata Ketua Yayasan Kelenteng Sam Poo Kong, Mulyadi pada Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Museum Sangiran Tak Lagi Jadi Jujugan, Pengunjung Turun Drastis, Diduga Ini Penyebabnya

Baca juga: Asyiknya Nongkrong di Pinuju Kopi Guci Tegal, Suguhkan Nuansa Tradisional, Harga Mulai Rp 2 Ribu

Baca juga: Sam Poo Kong Bukan Jejak Laksamana Cheng Ho di Semarang, Ini Hasil Penelitian Undip

Mulyadi menambahkan, tahun ini even imlek Sam Poo Kong akan dirayakan secara meriah sejak hari Sabtu (21/1/2023) hingga Senin (23/1/ 2023). 

"Tadi sudah dimulai dari Fashion Show," imbuhnya.

Plt Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu yang hadir untuk memberikan piala Wali Kota mengatakan, fashion show yang diadakan Kelenteng Sam Poo Kong menjadi bukti nyata keragaman budaya di Semarang bisa berbaur menjadi satu.

"Ini menunjukkan bahwa Semarang memiliki beragam etnis sekaligus multi kebudayaan yang bisa berbaur menjadi satu," katanya seusai acara.

Kata Mbak Ita, begitu perempuan itu disapa, terselenggaranya fashion show yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Imlek, akan mengangkat kearifan lokal. 

"Menggunakan pakaian batik untuk mengangkat kearifan lokal, di mana batik tadi dapat dibuat menggunakan beraneka bentuk yang nantinya batik juga akan digunakan menjadi bagian dari imlek," tambahnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Sam Poo Kong yang telah ikut melestarikan batik sebagai budaya Jawa dalam perayaan Imlek tahun ini. 

"Kami pemkot semarang juga berterima kasih kepada sam poo kong yang ikut melestarikan budaya Jawa berupa batik yang dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan di sam poo kong dalam rangka menyambut tahun baru imlek," terangnya.

Adapun rangkaian perayaan Imlek di Klenteng Sam Poo Kong juga akan menyuguhkan atraksi Barongsai Tonggak San Guo.

Tak hanya itu, Klenteng Sam Poo juga akan mengkolaborasikan seni pertunjukan tradisional Jawa dan Tionghoa melalui pertunjukan Reog Ponorogo hingga tari jatilan, yang mengisi perayaan Imlek di Klenteng Sam Poo Kong.

Selain itu, beberapa artis seperti Lala Widy, Yuda Leo Betty dan Bianca Shakila juga akan tampil dalam perayaan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong.

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved