Berita Kudus

Ngeyel Tetap Jual Bahan Pangan Berbahaya, Pedagang Pasar Bitingan Diberi Peringatan Keras!

Petugas Disperindag Jateng memberi peringatan keras kepada pedagang Pasar Bitingan Kudus yang masih ngeyel tetap menjual bahan pangan berbahaya.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: Yayan Isro Roziki
Tribunmuria.com/Rezan Akbar
Petugas Disperindag Jateng kembali melakukan razia bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya di Pasar Bitingan, Kudus, Kamis (19/1/2023). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah (Disperindag Jateng) menggelar razia bahan pangan mengadung zat kimia berbahaya di Pasar Bitingan, Kudus, Kamis (19/1/2023).

Razia ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa di Pasar Bitingan Kudus, pada sekitar tiga bulan lalu.

Kala itu, petugas menemukan banyak bahan pangan yang mengandung zat kimia berbahaya, antara lain mengadung boraks, rhodamin B, formalin, dan kuning metani.

Pada razia kali ini, petugas Disperindag Jateng pun masih menemukan bahan pangan dengan kandungan 4 zat kimia berbahaya.

Seusai perundangan yang berlaku, 4 zat kimia tersebut dilarang digunakan atau dicampurkan ke dalam bahan pangan.

Kabid Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jateng, Senen, mengatakan bahwa pihaknya masih menemukan beberapa bahan yang mengandung formalin pada razia kali ini.

"Ada beberapa pedagang yang masih nekat untuk berjualan namun juga ada yang sudah tidak jualan lagi. Seperti bleng, bakso boraks sama teri," ucapnya.

Senen menambahkan, ia dan tim kembali melakukan razia untuk melihat apakah masih ada pedagang yang masih nekat berjualan barang mengandung zat berbahaya tersebut.

"Rupanya, masih ada yang nekat kembali menjajakan bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya," imbuhnya.

Sebagai tindak lanjut, ucap dia, semua temuan bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya tersebut diminta untuk tak diperdagangkan lagi.

"Sebaiknya menjual bahan pangan yang aman," tuturnya.

Jika ke depan masih ada pedagang yang membandel, lanjut Senen, maka akan ada tindakan tegas kepada para pedagang nakal.

Dalih pada pedagang

Sejumlah pedagang yang kedapatan masih menjajakan bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya menyampaikan beragam dalih dan alasan.

Halaman
12
Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved