Berita Internasional

Pecahkan Rekor, Mobil Balap Ferrari Milik Michael Schumacher Terjual Rp 233 Miliar

Mobil balap Ferrari yang dikendarai Michael Schumacher saat menjadi juara dunia Formula 1 (F1) 2003 terjual dengan harga Rp 233 miliar.

Editor: Raka F Pujangga
Fabrice COFFRINI / AFP
Keamanan berdiri di samping Formula 1 Ferrari F2003 GA milik Juara Dunia F1 Michael Schumacher dengan nomor sasis 229 selama pratinjau rumah lelang Sotheby di Jenewa pada 4 November 2022. Michael Schumacher memenangkan lima balapan dengan mobil ini selama Formula Satu musim 2003. Mobil ini diperkirakan mengambil antara 7.500.000 dan 9.500.000 CHF. 

TRIBUNMURIA, AMERIKA SERIKAT - Mobil balap Ferrari yang dikendarai Michael Schumacher saat menjadi juara dunia Formula 1 (F1) 2003 terjual dengan harga 14,8 juta dolar Amerika Serikat  atau setara Rp 233 miliar.

Dilansir dari Instagram rumah lelang Sotheby's, Mobil F2003-GA dengan nomor sasis 229 itu terjual dalam acara lelang pada Rabu (9/11/2022) waktu setempat.

Harga tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yaitu mobil Ferrari Michael Schumacher model F2001 yang terjual seharga 7,5 juta dollar Amerika Serikat di rumah lelang Sotheby's di New York pada 2017. 

Baca juga: Penyebab Mobil Dinas PMD Blora Masuk Jurang, Noach: Pengemudi Tak Kuasai Medan

"Mobil yang luar biasa ini telah mencapai harga yang memecahkan rekor dunia pada era modern Formula 1," demikian pernyataan rumah lelang Sotheby's. 

Michael Schumacher mengendarai mobil F2003-GA sembilan kali dan mengantarkannya memenangi lima seri Grand Prix pada 2003 sekaligus membawanya meraih gelar juara dunia F1 di Jepang.

"Ini adalah salah satu Ferrari yang memiliki jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah konstruktor," kata Vincent Luzuy yang menangani jual beli mobil mewah di cabang Sotheby's. 

Baca juga: 239 Pebalap Ikut Ramaikan Road Race Piala Bupati Jepara 2022, Peringati Hari Santri dan HUT TNI

"Jadi, ini adalah mobil yang sangat penting dalam sejarah balap," ucap Vincet Luzuy melanjutkan. 

Didesain oleh Rory Bryne dan Ross Brawn, F2003-GA memiliki wheelbase yang lebih panjang dan aerodinamika yang ditingkatkan. 

Model tersebut dibawa pada Grand Prix Spanyol yang menjadi balapan kelima musim 2003. Sasis 229 sejauh ini juga menjadi yang paling sukses dari enam F2003-GA yang dibangun. 

Michale Schumacher mengendarai mobil tersebut ketika meraih kemenangan di Spanyol, Austria, Kanada, Italia, dan Amerika Serikat. 

Ia juga meraih pole positon di Spanyol, Austria, dan Italia dengan mobil tersebut.

Baca juga: Gibran Hapus Anggaran Mobil Dinas Listrik, Ganjar: Nggak Apa-apa

Bersama mobil itu, Schumacher juga sukses meraih lap tercepat di Austria, Italia, dan Amerika Serikat. 

Mobil F2003-GA membantu Michael Schumacher meraih gelar juara dunia keenam kalinya di Formula 1 sekaligus melampui raihan pebalap Argentina, Juan Manuel Fangio. 

Michael Schumacher juga membawa Ferrari meraih gelar ke-13 konstruktor, lima secara beruntun, bagi pabrikan Italia tersebut. 

Adapun Michael Schumacher belum tampil di publik lagi menyusul cedera serius yang ia alami setelah mengalai kecelakaan saat bermain ski pada 2013. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil F1 Ferrari Michael Schumacher Terjual Rp 233 Miliar dan Pecahkan Rekor"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved