Berita Pendidikan

Cegah Narkoba di Kalangan Mahasiswa, Unissula Gandeng BNNP Jateng untuk Canangkan Kampus Bersinar

BNNP Jateng gandeng Unissula perangi narkoba. Kampus Unissula bersama BNNP akan mencanangkan sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

TRIBUNMURIA.COM/RAHDYAN T PAMUNGKAS
BNNP Jateng silahturahmi ke kampus hukum Unissula. Ajang silahturahmi itu diwacanakan untuk pelaksanaan pencanangan kampus bersinar. 

TRIBUNMURIA.COM,SEMARANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng gandeng Unissula perangi narkoba. Kampus Unissula bersama BNNP akan mencanangkan sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Heru Pranoto, menuturkan kerjasama awal yang  dilakukan BNNP Jateng dengan Unissula Semarang yakni  mencanangkan kampus Unissula sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar). 

"Tujuannya,  pencanangan kampus bersinar diharapkan dapat melindungi mahasiswa agar tidak terpapar dari penyalahgunaan narkoba. Kami ingin menyelamatkan generasi-generasi muda agar jangan sampai terpapar," terangnya saat menggelar silahturahmi di kampus Fakultas Hukum Unissula Semarang, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Setelah Melarikan Diri, Pelaku Pembunuhan Wanita di Hotel Diringkus di Persawahan Kajangan Blora

Menurut Brigjen Heru, berdasarkan data 14 persen pengguna narkoba merupakan siswa SMA dan mahasiswa. Mereka merupakan korban penyalahgunaan narkoba dan  harus direhabilitasi. 

Oleh sebab itu pencanangan kampus bersinar merupakan upaya pencegahan peredaran narkoba. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah diantaranya membangun ruang intervensi berbasis mahasiswa hingga rehabilitas terhadap mahasiswa pengguna narkoba.

"Nantinya, mahasiswa ini akan difasilitasi dengan satu ruang bernama intervensi berbasis mahasiswa yang nantinya mereka bisa mengadvokasi temennya sendiri yang menggunakan narkoba," jelasnya.

Ditambahkan, fasilitas rehab dari BNN agar mahasiswa terpapar Narkoba bisa ditangani lebih dini. Kemudian upaya pencegahan narkoba dengan mengaktifkan daya kreativitas mahasiswa yang mengangkat kegiatan positif yakni olahraga dan seni.

"Hal ini untuk mewujudkan 2045 generasi Indonesia emas yang terjaga dari bahaya narkoba," tuturnya.

Dekan Fakultas Hukum Unissula Semarang, Dr Bambang Tri Bawono SH, MH menyambut baik rencana pencanangan Unissula sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar). 

"Hari ini kami kedatangan mitra dari BNNP Jawa Tengah. Mengingat, bahaya Narkotika ini menjadi bahaya nasional yang harus kita lawan. Maka Fakultas Hukum bersama BNN menyatakan perang melawan Narkotika," tuturnya.

Menurutnya ada berbagai kegiatan yang akan digarap bareng bersama BNNP yakni penyuluhan, pendampingan bagi mahasiswa yang menjadi korban narkoba. 

"Bersama BNN, kami sudah komitmen untuk melakukan kerja sama pencegahan dan rehabilitasi bagi korban. Ada pula pencanangan Unissula Bersinar atau Bersih dari Narkoba, " jelasnya. 

Dikatakannya pencanangan kampus Bersinar akan dilakukan  bersamaan dengan event perjalanan 60 tahun Fakultas Hukum Unissula. 

Baca juga: Produksi Melimpah, Buah Bit Diolah Jadi Minuman Teh, Bawa UKSW Salatiga Raih Hak Paten

"Saat ini kami sedang menyiapkan event menuju perjalanan 60 tahun Fakultas Hukum Unissula.  Beberapa kegiatan sosial yang dilakukan  satu diantaranya kita bumikan Unissula bersinar bersih dari Narkotika," tuturnya.

Ia menegaskan  gerakan dan pencanangan Bersinar,  pangsa pasar pengedar narkoba yaitu mahasiswa akan ditutup. Pihaknya akan melakukan pergerakan bersama dengan struktur mahasiswa mulai dari BEM, Senat, serta organisasi-organisasi mahasiswa

"Kita bersatu padu untuk melawan Narkotika, termasuk sosialisasi dan gerakan penangkapan pengedar di kampus," tandasnya. (*)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved