Berita Kudus

Penanganan Bencana Kudus Diapresiasi, Peringkat 1 Pencarian, Penyelamatan dan Evakuasi Korban

Kabupaten Kudus mendapat peringkat satu dalam kategori Garda Siap Sigap Reaksi dalam penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana Kemendagri

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Yayan Isro Roziki
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo (dua dari kanan) menunjukkan penghargaan Garnas Buana Award dari Kemendagri. 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Kabupaten Kudus mendapat peringkat satu dalam kategori Garda Siap Sigap Reaksi dalam penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana atau Garnas Buana Award dari Kementerian Dalam Negeri.

Pemghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Bupati Kudus HM Hartopo di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa (20/12/2022) malam.

Penghargaan Garda Siap Sigap Reaksi merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten atau kota terbaik yang melaksanakan pencarian, penyelamatan, dan evakuasi (PPE) korban bencana dalam lingkup pelayanan penyelamatan dan evakuasi.

Dalam sambutannya Tito menekankan pentingnya mitigasi dan penanggulangan bencana yang lebih sistematis dan terintegrasi. 

"Isu penanganan bencana harus menjadi isu prioritas bagi para kepala daerah."

"Mari membuat rencana yang lebih sistematis dan terintegrasi, dari hulu sampai hilir dalam penanggulangan bencana," kata Tito.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kudus HM Hartopo mengaku siap mengimplementasikan arahan dari Menteri Tito untuk penanggulangan bencana yang sistematis dan terintegrasi.

Hartopo akan terus memperbaiki standar pelayanan minimal sehingga penanganan bencana dilakukan lebih terarah dan fokus pada target layanan yaitu pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Diketahui penganugerahan tersebut merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 101 Tahun 2018 yang memberikan arahan dan dukungan konkret kepada pemerintah daerah untuk melindungi warga negara yang berada di kawasan rawan bencana maupun warga negara yang menjadi korban bencana melalui penyelenggaraan penanggulangan bencana berorientasi pelayanan dasar dengan tiga layanan. 

Tiga layanan dasar itu terdiri dari peayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan, serta pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana.

Terdapat 5 kategori penghargaan yang diberikan kepada gubernur maupun bupati atau walikota berprestasi dalam pemenuhan standar pelayanan minimal urusan bencana.

Yang pertama Penghargaan Garda Siap Sigap Literasi, Garda Siap Sigap Aksi, Garda Siap Sigap Reaksi, Garda Siap Sigap Sakti, dan Garda Buana Utama. (*)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved