Berita Kudus

Pelajar Bentangkan Bendera Merah Putih 1.001 Meter, Dasa Ingatkan Pentingnya Merawat Persatuan

Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dibentangkan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (11/12/2022).

Penulis: Saiful Ma'Sum | Editor: Raka F Pujangga
TRIBUNMURIA/SAIFUL MA'SUM
Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dibentangkan di lokasi Alun-alun Simpang Tujuh, Kabupaten Kudus, Minggu (11/12/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dengan lebar 1 meter dibentangkan di Kabupaten Kudus dalam acara Kirab Merah Putih oleh Jam'iyah Roudlotul Muhibbin GP Ansor.

Pengibaran bendera merah putih itu dilaksanakan bersama organisasi masyarakat lintas keagamaan, di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (11/12/2022). 

Bendera dibentangkan dan diarak oleh ribuan pelajar dari Taman Makam Pahlawan menuju Alun-alun Simpang Tujuh Kabupaten Kudus sejauh 2,1 kilometer.

Selain itu, kirab juga mengarak simbol Garuda ukuran 5x5 meter persegi sebagai Lambang Negara Indonesia.

Baca juga: Saksikan Kirab Bendera 1001 Meter, Ganjar Pranowo Berdoa Untuk Indonesia

Ketua Panitia Kirab Merah Putih dan Pengajian Maulid Akbar, Dasa Susila mengatakan, kirab merah putih diawali dengan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan. 

Setelah itu, katanya, bendera merah putih sepanjang 1.001 meter diarak oleh ribuan pelajar dengan melibatkan jajaran pengurus Nahdlatul Ulama, Ansor, Banser, IPNU-IPPNU, PMII, dan beberapa organisasi masyarakat lainnya. 

"Kirab merah putih ini melibatkan berbagai macam elemen kelompok masyarakat hingga pelajar. Kurang lebih sekitar 2.000 pelajar kami libatkan, meliputi pelajar umum dan pelajar di bawah naungan Ma'arif," terangnya. 

Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dibentangkan di lokasi Alun-alun Simpang Tujuh, Kabupaten Kudus, Minggu (11/12/2022).
Bendera merah putih sepanjang 1.001 meter dibentangkan di lokasi Alun-alun Simpang Tujuh, Kabupaten Kudus, Minggu (11/12/2022). (TRIBUNMURIA/SAIFUL MA'SUM)

Menurut dia, bendera 1001 meter itu sudah beberapa kali dikirabkan.

Di antaranya di Istana Presiden, Surabaya, Brebes, Pekalongan, dan beberapa kabupaten/kota lainnya. 

Pihaknya melengkapi prosesi kirab dengan membentangkan tujuh bendera merah putih di lokasi dalam alun-alun.

Setiap bendera berukuran 101 meter dan lebar 3 meter, dengan filosofi penganut tujuh kepercayaan agama di Republik Indonesia. 

"Kami ingin menanamkan nilai-nilai nasionalisme ke setiap pelajar dan masyarakat Kudus," ujarnya.

"Pentingnya merawat kesatuan RI dan kebinekaan, karena pelajar adalah penerus generasi bangsa," kata dia.

"Setelah itu juga diikuti pembacaan ikrar kesetiaan kepada NKRI," ujar dia 

Pihaknya berharap, masyarakat terhadap bangsa dan negara semakin kuat, di tengah-tengah issu radikalisme yang marak di berbagai daerah.

Utamanya bagi Kabupaten Kudus harus tetap menjadi kota yang aman dan tenteram. 

Baca juga: Saparan, Warga Senden Kab Semarang Arak-Arakan Bawa Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

Sementara itu, Bupati Kudus Hartopo melalui Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muhammad Fitriyanto menyampaikan, kirab merah putih atau kirab kebangsaan ini melambangkan kerukunan dan kesatuan semua elemen masyarakat Kabupaten Kudus

Dengan harapan, warga Kudus harus senantiasa bersatu, saling menjaga kondusivitas lingkungan, dan membantu meningkatkan kerukunan beragama. 

"Ini bentuk kecintaan masyarakat kepada  Tanah Air dan simbol perjuangan para pejuang terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan RI," tuturnya. (Sam)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved