Pemilu 2024

Kopi Hambalang dan Kuliner Nusantara di Kertenagara, Cairkan Ketegangan Prabowo - Sandiaga Uno

kopi Hambalang dan beragam kuliner nusantara ikut berperan mencairkan "ketegangan" antara Ketua Umum Partai Gerindra itu dengan Sandiaga Uno

Editor: Muhammad Olies
Tribunnews.com/ Dennis Destryawan
Pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tiba di lokasi debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNMURIA.COM - Kopi Hambalang dan beragam kuliner nusantara ikut berperan mencairkan "ketegangan" antara Ketua Umum Partai Gerindra itu dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno. Minuman dan makanan yang disajikan Prabowo ke Sandiaga Uno di  rumah putih besar di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menjadi saksi pertemuan yang digelar Selasa (10/1/2023) lalu.

Pertemuan empat mata itu berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Di tengah pertemuan, Sandi sempat memberikan sebuah buku berjudul "1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno" kepada Prabowo.

Pertemuan keduanya cukup penting. Lantaran berlangsung di tengah kabar renggangnya hubungan Sandi dengan Partai Gerindra dan Prabowo, yang tidak lepas dari berhembusnya kabar rencana kepindahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Saya dijamu oleh Pak Prabowo, mungkin ini pertemuan terlama kami," kata Sandiaga seusai kegiatan Workshop Peningkatan Komoditas Kreatif Unggulan Untuk Penciptaan Lapangan Kerja Baru di Desa Pesucen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: Atraksi Liong dan Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Ie Kiong Slawi Tegal

Baca juga: Silaturahmi ke Kiai Sepuh di Jatim, Prabowo Diingatkan Tak Jadikan NU Sekadar Kendaran Politik

Baca juga: Puan Bantah Renggangnya Hubungan dengan Ganjar: Dulu Saya Ketua Tim Pemenangan Pilgub Jateng

Sebelumnya, pengurus teras Partai Gerindra kerap mengeluarkan pernyataan yang menyentil Sandiaga Uno. Ambisi Sandi untuk menjadi calon presiden saat pemilihan presiden di Pemilu 2024 mendatang, menjadi tanda tanya bagi para elite Gerindra. Sebab, pada saat yang sama partai berlambang kepala Garuda itu berencana untuk kembali mengusung Prabowo di Pilpres 2024.

Dalam pembicaraan yang disebut Sandi berlangsung hangat, Prabowo menekankan agar Gerindra dan para elite di dalamnya harus bersatu padu.

Keduanya sepakat tidak boleh ada perpecahan di internal Gerindra seperti halnya pada masa penjajahan sebelum era kemerdekaan.

"Kita sepakat, bahwa kita harus bersatu padu, bekerja bersama dengan pola-pola percepatan, rekonsiliasi, 3 jam diskusi itu juga sambil melihat selama 3 tahun kita bekerja di dalam pemerintahan," jelas Sandiaga.  

Setali tiga uang, Sandi juga menepis kabar yang menyebut hubungannya dengan Menteri Pertahanan itu tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.  Menurutnya, ada kesalahpahaman dalam pemberitaan yang beredar di publik. Kerenggangan itu, nilai dia, lantaran keduanya jarang bertemu akibat kesibukan masing-masing di Kabinet Indonesia Maju.

"Karena kita jarang bertemu, sibuk dengan kementerian satu sama lain," imbuh Sandiaga.

Di sisi lain, Prabowo, sebut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, juga akan memanggil para elite Gerindra untuk meluruskan kesalahpahaman yang terjadi.

"Beliau akan memanggil tokoh-tokoh partai mengenai apa yang saya kerjakan, Karena saya banyak sekali menerima undangan untuk berkunjung,” kata Sandiaga.

Sandi juga menegaskan bahwa keduanya sama-sama sepakat bahwa segala hal terkait keputusan politik akan diputuskan oleh pimpinan dan ketua partai.

"Untuk urusan politik ini, tokoh partai yang memberikan statement. Saya tidak ingin saling berbalas melalui media. Karena seperti ini (bertemu Prabowo langsung) adab komunikasi yang baik,” jelas Sandiaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Balik Pertemuan 4 Mata Prabowo-Sandi Selama 3 Jam di Kertanegara...", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/01/15/07091001/di-balik-pertemuan-4-mata-prabowo-sandi-selama-3-jam-di-kertanegara.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved