Berita Nasional

Ingin Eliezer Dibebaskan, Eliezer's Angels dan Polisi Rekan Satu Letting Hadiri Sidang Pledoi

Sidang dengan agenda pleidoi atau nota pembelaan Richard Eliezer atau Bharada E digelar di ruang utama Oemar Seno Adji PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1)

Editor: Muhammad Olies
Tribunnews.com/Jeprima
Terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E menjalani sidang perdana terkait kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (18/10/2022). Eliezer yang juga berstatus sebagai justice collaborator itu nampak didampingi petugas dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

TRIBUNMURIA.COM - Sidang dengan agenda pleidoi atau nota pembelaan Richard Eliezer atau Bharada E digelar di ruang utama Oemar Seno Adji PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

Mantan ajudan Ferdy Sambo itu mendapat dukungan dari sejumlah kalangan. Mulai dari sejumlah perempuan yang mengatasnamakan "Eliezer's Angels" hingga puluhan polisi satu lettingnya yang tergabung dalam Bharapana Nusantara 46.

Berdasar data Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), sidang pledoi Eliezer ini digelar pada pukul 09.30 WIB. Namun hingga pukul 10.27 WIB, sidang Bharada E yang beragendakan nota pembelaan belum dimulai.

Para pendukung Bharada E telah duduk di bangku ruang sidang. Mereka menunggu kedatangan Bharada E yang saat ini masih berada di ruang tahanan PN Jakarta Selatan.

Eliezer's Angels tampak mendominasi ruangan. Jumlahnya lebih banyak dari para awak media yang meliput di dalam ruang sidang.

Baca juga: Kaesang Ternyata Niat Maju Calon Kepala Daerah, Ini Bocoran dari Gibran

Baca juga: Nasdem Siapkan Alternaitf Koalisi untuk Anies Baswedan, Tanda-tanda Koalisi Perubahan Bubar?

Baca juga: Ferdy Sambo Merasa Tak Terbukti Besalah, Minta Dibebaskan dan Nama Baiknya Dipulihkan

Sementara itu, Bharapana Nusantara 46 dari kesatuan Brimob Polri juga tak kalah semangat memberi dukungan.

Mereka berharap, majelis hakim dapat membebaskan Richard Eliezer dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan bisa bergabung lagi ke kesatuannya di Brimob Polri.

Hal itu disampaikan teman satu Angkatan Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Muhammad Iqbal Fauzi kepada KOMPAS TV di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

“Kami dari letting-nya Bharada E, dari Bharapana Nusantara, datang kesini untuk mendukung Richard Eliezer, untuk (dukungan dapat) dibebaskan, kalau bisa gabung lagi bersama kami,” ucap Muhammad Iqbal Fauzi.

Menurut Muhammad Iqbal Fauzi, Richard Eliezer adalah keluarga baginya dan rekan-rekan yang tergabung dalam Bharapana Nusantara 46.

Ia menilai, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ingin menghukum 12 tahun Richard Eliezer tidaklah pantas.

“Kalau menurut saya sebagai saudaranya, saya menganggap bukan temannya tapi saya saudaranya, karena dari awal kami dibentuk jadi Korps Brimob Polri bareng-bareng,” kata Muhammad Iqbal Fauzi.

“Menurut saya enggak pantas, dia sudah melakukan kejujuran, karena kejujuran di atas segalanya masa kejujuran enggak ada harganya,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bharada E Bacakan Nota Pembelaan, "Eliezer's Angels" Padati Ruang Sidang di PN Jaksel", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/25/10550271/bharada-e-bacakan-nota-pembelaan-eliezers-angels-padati-ruang-sidang-di?page=all.
Penulis : Muhammad Isa Bustomi
Editor : Jessi Carina

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved