Berita Semarang

Proyek Pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo Berlanjut, Wali Kota Hendi Minta Selesai Tepat Waktu

Pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo yang diproyeksikan sebagai daya tarik baru ibukota Provinsi Jawa Tengah akhirnya kembali dilanjutkan.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: Moch Anhar
Humas Pemkot Semarang
Proyek pembangunan jembatan kaca Tinjomoyo Kota Semarang. 

TRIBUNMURIA.COM, SEMARANG - Setelah sempat tertunda, pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo yang diproyeksikan sebagai daya tarik baru ibukota Provinsi Jawa Tengah akhirnya kembali dilanjutkan.

Terkait itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pun berharap pembangunan salah satu jembatan kaca terpanjang di Indonesia itu pun dapat selesai tepat waktu sesuai kontrak pekerjaan.

Untuk itu, dirinya meminta untuk pelaksana pekerjaan bisa benar - benar bekerja sesuai target yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah, hari ini pembangunan jembatan kaca di Tinjomoyo bisa dilanjutkan kembali dan progresnya juga positif. Saya harap bisa terus konsisten sehingga bisa selesai tepat waktu, dan segera menjadi daya tarik baru Kota Semarang," ujar Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut.

Baca juga: Dua Rumah di Karangmalang Kudus Dibobol Maling, Kapolsek Gebog: Diduga Pelaku yang Sama

"Saya juga meminta Dinas PU untuk terus memberi perhatian agar kemudian tidak ada kendala yang mengakibatkan pekerjaan tertunda lagi," tegasnyam, Kamis (25/8).

Sementara itu, Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Suriyaty, mengungkapkan jika terdapat beberapa perubahan perencanaan konstruksi pembangunan jembatan dari rencana sebelumnya di tahun 2022 ini.

Hal itu diungkapkannya agar jembatan lebih kokoh, dimana sebelumnya, perencanaan dasar jembatan menggunakan metode sumuran, sedangkan dama pengerjaannya di tahun ini secara penuh menggunakan metode cor siklop.

Adapun terkait belum terlihatnya kondisi fisik yang signifikan di lokasi pembangunan, Suriyaty menjelaskan jika hal itu disebabkan karena 50 persen pekerjaan dilakukan di pabrik.

Sedangkan untuk pekerjaan fisik yang dianggap krusial ditegaskannya telah berhasil dikerjakan dengan progres keseluruhan sekitar 15 persen.

Sehingga Kepala Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang tersebut meyakinkan jika pekerjaan berjalan lancar tanpa kendala.

“Proyek jembatan kaca ini 50 persen merupakan barang pabrik. Jadi di saat ini untuk progres fisik sebesar 15 persen sudah sangat signifikan,” tegas wanita yang akrab disapa Aty tersebut.

“Sehingga saya optimistis, Insya Allah pembangunan jembatan ini bisa berhasil selesai tepat waktu sesuai harapan Bapak Wali Kota Semarang. Untuk target selesainya sendiri pada tanggal 28 Desember tahun 2022,” jelasnya.

Di sisi lain, dirinya menuturkan, sarana prasarana pendukung Jembatan Kaca Tinjomoyo seperti lahan parkir akan dibahas selanjutnya, setelah pekerjaan utama selesai dikerjakan.

Baca juga: Ganjar Bertemu Ratusan Pecinta Alam di Tawangmangu: Gerakkan Kekuatan Jaga Kelestarian Lingkungan

Pasalnya, pada tahun 2022 ini Pemerintah Kota Semarang masih berfokus dalam merampungkan konstruksi jembatan agar tidak tertunda lagi dalam pekerjaannya.

"Pastinya nanti setelah jembatannya selesai pada 28 Desember 2022, sarana prasarana pendukung, seperti lahan parkirnya seperti apa, akan dibahas oleh Pemerintah Kota Semarang," terang Aty.

Seperti yang diketahui, Jembatan Kaca Tinjomoyo merupakan salah satu objek wisata baru yang telah diwacanakan pembangunannya sejak beberapa tahun terakhir, oleh Pemerintah Kota Semarang.

Namun dalam prosesnya, pembangunan jembatan kaca dengan panjang lebih dari 60 meter tersebut urung dianggarkan karena terjadi pandemi Covid-19.

Pada saat itu Pemerintah Kota Semarang memilih lebih memfokuskan anggaran guna penanganan pandemi Covid-19. (*)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved