Berita Semarang

Cegah Stunting, Wakil Wali Kota Semarang Segera Luncurkan Buku Pedoman Resep Makanan untuk Para Ibu

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu segera meluncurkan buku resep masakan yang diterbitkan dan dijual di toko buku Gramedia.

TRIBUNMURIA.COM/RAHDYAN TRIJOKO PAMUNGKAS
Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menunjukkan buku resep makanan usai talk show bahaya stunting pada kegiatan The Rising Tide yang diselenggarakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang, Kamis (4/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu segera luncurkan buku resep masakan yang diterbitkan dan dijual di toko buku Gramedia.

Rencana tersebut dilontarkannya saat talk show bahaya stunting pada gelaran The Rising Tide yang diselenggarakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang, Kamis 4 Agustus 2022.

Wanita akrab disapa Ita menuturkan buku resep masakan tersebut merupakan gagasan dari mantan Presiden kelima Megawati Soekarnoputri karena prihatin belum banyak makanan yang bergizi, murah, dan mudah mudah didapat di lingkungan sekitar.

Dirinya disarankan untuk menuangkan gagasan tersebut melalui menu makanan.

"Perlu diketahui stunting itu bisa dicegah sejak 1.000 hari kehidupan pertama dalam kandungan dan hingga umur dua tahun," tuturnya.

Baca juga: Angkat Batik Kudus dalam Produk Fashion, Desainer Denny Wirawan Bina Pelajar SMK Tata Busana

Baca juga: Kain Ecoprint Motif Dedaunan, Produk UMKM Terbaru di Desa Wisata Tempuran Blora Hasil Pelatihan ITS

Baca juga: 4 Kesulitan Bareskrim Ungkap Pembunuhan Brigadir J, Termasuk TKP Dibersihkan, atas Perintah Siapa?

Menurutnya, penyusunan buku resep makanan disusun bersama tim ahli gizi internal maupun tim ahli gizi Ketua umum PDI Perjuangan.

Buku tersebut sebelumnya telah dilakukan soft launching pada saat ulang tahun Megawati Soekarnoputri.

"Buku ini akan diluncurkan pada 8 Agustus 2022," tutur dia.

Menurutnya buku resep tersebut dapat mengedukasi kepada para ibu yang sedang hamil maupun memiliki bayi bahwa masak itu mudah.

"Masak itu tidak perlu mencari bahan-bahan yang di luar ekspetasi kita atau yang mahal dan bisa didapat di sekitar kita," jelasnya.

Baca juga: Bus AKAP di Kudus‎ Angkut Muatan 64 Ribu Batang Rokok Ilegal, Kena Ciduk Kantor Bea Cukai

Baca juga: Segera Dibongkar, Satpol PP Ultimatum 14 Tempat Karaoke di Pasar Klitikan Penggaron Semarang

Baca juga: Kelola Pemanfaatan Sampah, Mulung Parahita Ajak Ibu-ibu Punya Sumber Ekonomi

Ia menuturkan buku resep tersebut untuk MPASI balita 6 sampai 8 bulan, 9 hingga 11 bulan, 11 bulan hingga 1 tahun, dan 1 tahun hingga 2 tahun.

Buku tersebut terdapat resep makanan untuk ibu hamil.

"Ini menjadi cerita unik karena ibu Mega sangat visioner dan memberikan arahan yang cukup baik. Buku itu tidak hanya untuk ibu hamil anemia, ibu hamil kekurangan energi khusus maupun kronis. Buku tersebut juga untuk pedoman ibu hamil komorbid covid 19, jantung, diabetes maupun obesitas," tuturnya. (*)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved