Berita Kudus

Sasar Sosialisasi Ke Pedagang Rokok di Kaliwungu, Satpol PP Gelar Pertunjukan Ketoprak 

Satpol PP Kudus memberikan sosialisasi bidang cukai kepada para pedagang agar tidak menjual rokok ilegal di Lapangan Kedungdowo, Kabupaten Kudus.

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: Raka F Pujangga
TRIBUNMURIA/Rezanda Akbar D.
Sosialisasi DBHCHT di Lapangan Kedungdowo, Kabupaten Kudus. 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS — Satpol PP Kudus memberikan sosialisasi bidang cukai, Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 untuk wilayah Kecamatan Kaliwungu yang ditempatkan di Desa Kedungdowo. 

Penggunaan DBHCHT diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 215/PMK.07/2021, tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi dana bagi hasil cukai tembakau. 

Sedangkan, PMK No. 215/PMK.07/2021 terdapat perubahan ketentuan terkait proporsi penggunaan DBHCHT. 

Baca juga: DBHCHT Kudus Capai Rp 291 Miliar, Ketua DPRD Kudus Masan: Terus Kawal Sesuai Regulasi

Dijelaskan, sebanyak 50 persen dari alokasi DBHCHT yang diterima Pemda harus digunakan di bidang kesejahteraan masyarakat, 40 persen bidang kesehatan, dan 10 persen di bidang penegakan hukum.

Kasatpol PP Kudus, Kholid Seif, mengatakan sosialisasi DBHCHT ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi masyarakat dan pedagang rokok di Kecamatan Kaliwungu tentang pentingnya pengenalan pita cukai palsu.

"Sehingga diharapkan para pedagang rokok dapat berperan aktif untuk tidak menjual dan mengedarkan rokok dengan pita cukai ilegal," katanya, Sabtu (26/11/2022) malam hari.

Sosialisasi melalui pentas seni pertunjukan rakyat ketoprak dalam penyampaian informasinya.

"ini menyasar kepada para penjual rokok se-Kecamatan Kaliwungu, sehingga diharapkan akan mampu menekan peredaran rokok illegal di wilayah Kecamatan Kaliwung," jelasnya.

Baca juga: Pelatihan Kerja DBHCHT Melibatkan Instruktur Profesional

Sementara itu, Kepala KPP Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Kudus, yang di wakili Sidiq Gandi Baskoro, mengatakan sosialisasi merupakan sebuah sinergitas antara Bea Cukai dan Satpol PP Kudus

Bea Cukai dan seluruh lapisan masyarakat bahu membahu memberantas peredaran rokok dengan pita cukai illegal.

Peran serta masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam perang melawan peredaran pita cukai illegal,

Selanjutnya peserta sosialisasi menyaksikan pagelaran seni ketoprak yang dalam pementasan seni di sisipi sosialisasi mengenai stop rokok ilegal.(rad)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved