Berita Jateng

Buka Agrowisata Telaga Kusuma, Bupati Juliyatmono Beri Apresiasi Lahan Terlantar Jadi Bernilai

Bupati Karanganyar, Juliyatmono meresmikan destinasi wisata baru Telaga Kusuma di Desa Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Moch Anhar
TRIBUNMURIA.COM/AGUS ISWADI
Bupati-Wakil Bupati Karanganyar, Juliyatmono-Rober Christanto meninjau Telaga Kusuma Tunggulrejo Kecamatan Jumantono saat grand opening, Jumat (18/11/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono meresmikan destinasi wisata baru Telaga Kusuma di Desa Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar, Jumat (18/11/2022) sore.

Peresmian destinasi wisata baru tersebut dilakukan bertepatan dengan HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar. Dalam kesempatan tersebut Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar juga sempat berduet dengan penyanyi yang memiliki suara khas Woro Widowati.

Membawakan lagu Tatu, keduanya sukses menghibur para penonton yang hadir dalam acara grand opening.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, ini ide yang inovatif untuk mengembangkan wisata dengan menyulap lahan yang terlantar menjadi bernilai.

"Konsepnya alam betul, menyehatkan, ini wisata keluarga," katanya kepada TribunMuria.com.

Baca juga: Tempat Nongkrong Asik di Wonosobo, Di Kokuka Space Puas Memandang Alam Pedesaan

Selain meresmikan kawasan wisata, Juliyatmono juga menyerahkan SK desa wisata kepada Kades Tunggulrejo, Parno. Bupati Karanganyar menuturkan, SK tersebut memiliki legalitas.

Sehingga nantinya apabila pihak BUMDes hendak melakukan pengembangan dapat bekerja sama dengan pihak ketiga.

Selain itu, untuk pengajuan bantuan sebagai upaya pengembangan ke provinsi atau pusat lebih mudah karena ada legalitasnya.

Dia berharap adanya wisata baru ini dapat menumbuhkan perekonomian sekitar serta memberdayakan masyarakat.

Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto menambahkan, adanya wisata baru ini dapat menggeliatkan sektor UMKM selain menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

"Saya berharap desa lain juga memunculkan hal serupa dengan konsep dan potensi yang ada di masing-masing wilayah," ucapnya.

Baca juga: Aspal Jembatan Wonokerto Kering, Ganjar; Nanti Sore Kita Buka

Kades Tunggulrejo, Parno menuturkan, Telaga Kusuma saat ini dikelola oleh BUMDes. Sementara ini di dalam kawasan ada kolam renang untuk anak dan dewasa, taman bunga, spot selfie, dan resto.

"Animo masyarakat bagus, sudah uji coba kemarin. Hari Minggu kemarin, tiket bisa laku 1.000. Harapannya bertahap bisa sampai 3.000 tiket terjual nantinya. Tahun depan ada pengembangan perkebunan buah untuk agrowisata," terangnya. (Ais).

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved