Berita Jateng

Ada Bazar Pangan Murah di GOR Raden Mas Said Karanganyar, Warga Merasa Terbantu

Dispertan PP Karanganyar menggelar bazar pangan murah di kawasan Expo Produk Unggulan Pertanian dan UMKM.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Moch Anhar
TRIBUNMURIA.COM/AGUS ISWADI
Pengunjung expo membeli bahan pangan di bazar murah GOR Raden Mas Said Karanganyar, Jumat (11/11/2022) siang. 

TRIBUNMURIA.COM, KARANGANYAR - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar menggelar bazar pangan murah di kawasan Expo Produk Unggulan Pertanian dan UMKM di GOR Raden Mas Said Karanganyar mulai Kamis hingga Minggu (10-13/11/2022).

Kasi Distribusi dan Cadangan Pangan Dispertan PP Karanganyar, Budi Sutrisno menyampaikan, bazar pangan murah ini digelar selama berlangsungnya expo. Ada beberapa komoditas yang dijual seperti beras, telur ayam, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam pedaging dan minyak goreng.

Baca juga: DPRD Desak Pemkot Semarang Segera Investigasi Penyebab Utama Banjir di Wahyu Utomo Ngaliyan

Sejumlah komoditas tersebut dijual lebih murah dengan harga pasaran. Dia mencontohkan, beras medium dijual lebih murah yakni Rp 8.300 per Kg. Padahal  HET pemerintah untuk beras premium Rp 9.450 per Kg. Kemudian telur ayam harga jual di pasaran Rp 27 ribu per Kg menjadi Rp 24 ribu per Kg.

"Telur ini harga kandang, jadi bisa dibilang memutus rantai pasok dari produsen ke konsumen. Sehingga mendapatkan harga lebih ringan dan tidak merugikan peternak. Ayam pedaging di pasaran Rp 30 ribu -Rp 32 ribu per Kg, dijual Rp 28,5 ribu per Kg," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (11/11/2022). 

Kegiatan bazar pangan murah diselenggarakan dalam rangka menjaga kestabilan pasokan dan harga. Sesuai dari pesan Bupati Karanganyar, lanjutnya, komoditas yang dijual diharapkan dapat sesuai sasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga.

Pembeli asal Gaum Kecamatan Tasikmadu, Hikmah mengatakan, sejumlah komoditas yang dijual di bazar pangan ini cukup miring dibandingkan dengan harga pasaran.

"Sangat membantu, utamanya untuk ibu-ibu seperti saya yang suka masak," ungkapnya. (*)

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved