Berita Kudus

Menyegarkan Bisnis BUMDes, 42 Persen BUMDes di Kudus Hanya Papan Nama

terdapat sekitar 42 persen BUMDes di Kabupaten Kudus hanya merupakan PAPAN NAMA. Artinya, memiliki lembaga tapi tidak ada kegiatan usaha.

istimewa
Peserta Pelatihan Revitalisasi BumDes 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Embrio geliat bisnis BUMDes mulai terlihat di Kabupaten Kudus. BUMDes Tunjungseto Desa Bae Kecamatan Bae Kudus, selama Januari hingga Agustus 2022 telah mencatatkan pemasukan sebesar Rp 87,7 juta rupiah.

BUMDes Murakabi Desa Gondosari Kecamatan Gebog pun telah berhasil menyumbangkan Rp 33,7 juta ke PADes pada 2020.

Namun potret sebagaian besar BUMDes di "Kota Kretek" belum secerah Tunjungseto Bae, Murakabi Gondosari atau BUMDes lain di luar Kudus yang telah melejit.

Dari pendataan terhadap 54 BUMDes di Kabupaten Kudus pada awal 2022 yang dilakukan Lokadata dan Perkumpulan Desa Lestari, terdapat sekitar 42 persen BUMDes di Kabupaten Kudus hanya merupakan PAPAN NAMA. Artinya, memiliki lembaga tapi tidak ada kegiatan usaha yang berjalan.

Selain itu, sampai September 2022 baru 37 BUMDes yang mendapatkan sertifikat badan hukum, dari total 63 BUMDes di Kabupaten Kudus.

“Ini menjadi tantangan besar yang perlu kita jawab bersama. BUMDes semestinya mampu menggerakkan ekonomi pedesaan yang sustainable atau berkesinambungan,” ujar Achmad Budiharto, Deputy General Manager PT Djarum, Rabu (22/9), usai menggelar kegiatan Pelatihan Revitalisasi BUMDes di Wisma Karyawan Djarum Ploso Kecamatan Jati Kudus, Agustus- September 2022, sesuai rilis yang diterima tribunmuria.com.

Bisnis BUMDes memang sangat manis. Di luar Kudus, BUMDes Sumber Sejahtera Pujon Kidul Kabupaten Malang pada 2021 memberikan kontribusi Rp1,4 miliar ke Pendapatan Asli Desa (PADes).

Sedang BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), setiap tahun rata-rata menyumbang Rp 180 juta ke PADes.

Selain itu, masyarakat pun mendapatkan manfaat dari bisnis BUMDes. Melalui keuntungan, BUMDes Sumber Kamulyan Desa Wunut, Kabupaten Klaten pada 2020 mampu menanggung kepesertaan 621 warganya dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Menjawab persoalan BUMDes di Kabupaten Kudus ini, PT Djarum menghelat program untuk menyegarkan bisnis BUMDes melalui pelatihan bertajuk “Revitalisasi BUMDes Kudus, 2022”.

Halaman
12
Sumber: TribunMuria.com
Tags
Kudus
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved