Berita Semarang

Karnaval Ini Memeriahkan HUT ke-77 RI, Beragam Kostum dan Ide Unik Dikenakan

Warga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal antusias mengikuti pawai yang diberi tema "Karnaval Pembangunan"

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: Moch Anhar
TEIBUNMURIA.MOTHERBOARD
warga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal saat mengikutiwarga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal saat mengikuti pawai yang diberi tema "Karnaval Pembangunan" dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Berlangsung di sepanjang jalan desa, pada Rabu (17/8/2022). yang diberi tema "Karnaval Pembangunan" dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Berlangsung di sepanjang jalan desa, pada Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Warga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal antusias mengikuti pawai yang diberi tema "Karnaval Pembangunan" dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Berlangsung di sepanjang jalan desa, pada Rabu (17/8/2022).

Setelah dua tahun sempat terhenti tidak menyelenggarakan pawai karena pandemi Covid-19, kali ini berkat ide kreatif dari Kepala Desa Mulyoharjo, Abdul Basir, sehingga bisa terlaksana pawai yang sangat meriah dan ditunggu-tunggu oleh warga.

Berlangsung mulai pukul 15.00 WIB, pawai diikuti oleh semua warga Desa Mulyoharjo dari 11 RT dan dua RW.

Baca juga: Tri Karsa Budaya Demak Gelar Wisuda, Rawat Kebudayaan Jawa Lewat Pembinaan Pranatacara


Berurutan dari mulai RT 1 sampai terakhir, satu per satu bergantian menunjukkan atraksi ataupun keunikan kepada Kepala Desa maupun dewan juri.

Ada yang memakai konsep hantu, korban jaman penjajahan, laki-laki memakai daster, mengenakan kebaya, kakek dan nenek memakai seragam SD, ibu-ibu memakai seragam sekolah, drumband, ada juga yang menunjukkan atraksi bela diri memecahkan batako, bahkan ada yang membuka replika mobil tank perang dan pesawat tempur.

Ditemui setelah acara selesai, Kepala Desa Mulyoharjo, Abdul Basir, mengatakan tujuan utama kegiatan pawai ini tidak hanya memeriahkan HUT ke-77 RI saja, tapi juga dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki warga salah satunya di bidang konfeksi.

Sehingga kedepannya, melihat warga yang mulai mempersiapkan diri dengan terus berekreasi dan mengasah kemampuan, diharapkan Desa Mulyoharjo bisa menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Tegal.

"Sama dengan tema besar pada HUT ke-77 RI tahun ini, kami juga berharap supaya lekas pulih, keadaan lebih baik, dan bisa bangkit dari pandemi Covid-19," ungkap Abdul Basir, pada TribunMuria.com, Rabu (17/8/2022).

Dijelaskan oleh Basir, peserta tidak hanya dari kalangan remaja, dewasa, dan orangtua, tapi juga anak-anak.

Adapun setelah kegiatan pawai selesai, malam harinya dilanjutkan dengan acara hiburan pentas dangdut live, dan pembagian hadiah bagi para pemenang.

"Pawai karnaval tadi ada penilaiannya, sehingga kami menyediakan dewan juri. Adapun untuk bisa menang harus memenuhi empat kriteria, yaitu jumlah peserta dalam satu kelompok, semangatnya, kreativitas, dan kebersamaannya. Sehingga nanti ada pemenangnya juara 1, 2, dan 3, kemudian sisanya dipilih peserta yang paling semangat. Intinya semua dapat hadiah," jelasnya.

Baca juga: Lanal Semarang Semarakkan HUT Ke 77 RI, Kibarkan Bendera di Dasar Laut Karimunjawa

Ditanya mengenai hadiah yang diberikan untuk pemenang apa saja, Basir menyebut hadiah berupa fasilitas untuk masing-masing RT dan sejumlah uang.

"Ya nanti ada juara 1, 2, dan 3, nah sisanya yang delapan tidak mendapat juara tetap kami kasih sebagai kategori peserta yang paling semangat," imbuhnya. (*)

 

Sumber: TribunMuria.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved